Kemajemukan Hubungan Asmara

Banyak hal yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan perselingkuhan. Dimulai dari rasa dahaga terhadap perhatian, keegoisan terhadap tuntutan perasaan atau materi, ingin merubah keadaan yang datar dengan pasangan, atau kekecewaan karena pasangan tidak bisa berubah.

Semua hal itu sebenarnya tidak bisa dijadikan alasan dari tindakan yang salah. Karena tindakan tersebut akan menyakiti perasaan orang lain dan merupakan bentuk pengkhianatan terkait apapun alasannya.

Memang segalanya tidak bisa dipandang sesederhana itu. Ini masalah hati. Tapi waktu anda melakukannya, semuanya sesederhana pikiran anda. Dengan sederhananya anda mengkhianati sebuah hubungan dan dengan sederhananya anda tidak peduli terhadap pasangan anda untuk memutuskan melakukan selingkuh. Lantas kenapa anda minta orang lain untuk tidak menganggap sederhana terkait alasan anda berselingkuh? Bukankah bilamana anda ingin dihargai, anda harus pula menghargai orang lain?

Nah, oleh karena itu, perselingkuhan adalah sebuah tindakan yang salah dan tidak perlu dipegalkan atau dimaklumi. Itu merupakan bentuk dan nilai anda yang rendah dalam melihat hidup, menghargai apa yang anda miliki, atau seberapa bijaksananya anda dalam memutuskan sesuatu sebelum memulai hubungan.

Maka, dengan sederhana dapat dinyatakan bahwa dunia tidak pernah berubah, yang berubah adalah manusianya. Berubah pola pikirnya, berubah sikap empatinya, dan berubah tingkat keegoisannya. Siapapun yang menanam bibit, dia sendiri yang akan menuai hasil. Walaupun terasa menyenangkan saat kita menanam bibit tersebut.

(Candra)

Leave a comment